Senin, 12 Maret 2012

Akses Internet dengan Sistem Wire-Less


Koneksi ke ISP dapat dilakukan melalui teknologi wire-less (nirkabel). Teknologi ini diciptakan untuk mengatasi kerumitan kabel yang sagat padat dan mengatasi daerahdaerah yang susah untuk dipasangi kabel. Teknologi wire-less juga dapat mengatasi kesulitan yang dialami perusahaan telekomunikasi dalam menyediakan sistem leased line, karena jumlahnya sangat terbatas.

Teknologi nirkabel pada umumnya menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data dan informasi. Gelombang yang umum digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.

Perangkat modem yang digunakan berbeda dengan modem dial up atau leased line meskipun fungsinya sama. Modem nirkabel berperan sebagai perangkat keras internal yang dipasang pada komputer pengguna. Sedangkan menara pemancar berada di halaman sebagai perangkat keras eksternal yang berfungsi untuk memancarkan gelombang data dan informasi.

Bila perangkat-perangkat keras tersebut telah tersedia, kalian harus menyediakan perangkat lunak yang akan digunakan untuk melakukan akses ke internet. Adapun perangkat lunak yang diperlukan meliputi sistem operasi dan browser.

A. Sitem operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer yang kalian miliki. Sistem operasi yang umum digunakan adalah Windows dan Linux.

B. Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk memasuki dan mengakses internet. Browser yang biasa digunakan adalah Netscape Communicator, Internet Explorer (khusus di Windows), Opera, dan Firefox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar